Senin, 28 Oktober 2013

ANALISIS PORTOFOLIO PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk. MENGGUNAKAN MATRIK BCG


Dengan menggunakan pendekatan BCG matrix PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk mengklasifikasikan semua unit bisnis strategisnya menurut matrik pangsa pasar pertumbuhan. Faktor – faktor yang digunakan dalam melakukan analisis ini antara lain:
ü  Pangsa pasar produk
ü  Umur produk atau merk sejak diluncurkan
ü  Kekuatan merk produk di pasaran
ü  Pertumbuhan unit bisnis
Dengan membagi matriks  pertumbuhan dan pangsa pasar, empat jenis unit bisnis strategis dapat dibedakan menjadi :
STARS
Pada kuadran ini menunjukkan : pertumbuhan tinggi, dan pangsa pasar bisnis atau produk tinggi. Divisi dengan pangsa pasar relatif tinggi dan tingkat pertumbuhan industri yang tinggi seharusnya menerima investasi yang besar untuk mempertahankan dan memperkuat posisi dominan mereka. Kategori ini adalah pemimpin pasar namun bukan berarti akan memberikan arus kas positif bagi perusahaan, karena harusmengeluarkan banyak uang untuk memenangkan pasar dan mengantisipasi para pesaingnya.
Produk – produk kami yang termasuk dalam kuadran bintang ini antara lain :
My broadband termasuk di dalam nya SPEEDY dan SPEEDY HOTSPOT
Produk – produk ini terus dikembangkan oleh perusahaan kami. Meskipun telah lama beredar tetapi kami terus melakukan inovasi. Produk ini mampu tersebar diseluruh area dan mampu mengambil pangsa pasar jaringan di Indonesia. Keberhasilan ini tidak lepas dari iklan mereka yang tinggi di televisi dan penawaran kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau.
CASHCOW
Kuadran ini menunjukkan pertumbuhan yang rendah, pangsa pasar bisnis atau produk tinggi. Unit bisnis strategis ini kurang memerlukan investasi untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Oleh karena itu, unit bisnis strategis ini menghasilkan kas yang banyak digunakan perusahaan untuk membayar tagihan dan untuk mendukung unit bisnis strategis lain yang membutuhkan investasi. Banyak sapi perah saat ini adalah bintang di masa lalu, divisi sapi perah harus dikelola untuk mempertahankan posisi kuatnya selama mungkin.
Produk – produk kami yang termasuk dalam kuadran CashCow ini antara lain :
My mobile termasuk di dalam nya adalah TELKOMSEL
Karena produk tersebut merupakan market leader, dilihat dari jumlah pangsa pasar TELKOMSEL di indonesia. Telkomsel merupakan penyedia layanan telekominukasiseluler pertama kali dan terbesar dengan berbagai layanan yang disediakan. Selama 17 tahun TELKOMSEL mengadakan pembaharuan dan peningkatan kualitas baik dari segi jaringan dan teknologinya.

QUESTIONMARK  
Kuadran ini menunjukkan unit bisnis dengan pangsa pasar rendah dalam pasar yang pertumbuhannya tinggi. Unit bisnis ini membutuhkan dana yang besar untuk mempertahankan pangsa pasarnya, bukan untuk meningkatkannya. Unit bisnis ini disebut Question Mark karena organisasi harus memutuskan apakah akan memperkuat unit bisnis ini menjadi bintang dengan menjalankan strategi intensif (penetrasi pasar,pengembangan pasar, atau pengembangan produk) atau menghentikannya.
Produk – produk kami yang termasuk dalam kuadran ini antara lain :
My TV termasuk di dalam nya adalah USETV dan YESTV
Telkom mempunyai perencanaan untuk memperkuat produk My TV ke dalam STARS (BCG Matrix) , YESTV mempertahankan pangsa pasar dengan tetap menetapkan tarif langganan yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Indovision. USETV menjadi pelopor model TV Streaming. Dalam beberapa periode, Telkom merencanakan mengembangkan UseTV untuk ke depannya karena adanya perkembangan teknologi dari masa ke masa dan dimulainya era TV Streaming.
DOG
Kuadran ini menunjukkan pertumbuhan yang rendah, bisnis dan produk dengan pangsa pasar rendah. Unit bisnis strategis ini mungkin menghasilkan cukup uang untuk mempertahankan diri mereka, tetapi tidak menjanjikan penghasilan yang banyak.
Produk – produk kami yang termasuk dalam kuadran dog ini antara lain :
My phone termasuk di dalam nya adalah SLI, SLJJ, Special service, inmarsat group, telkom global.
Layanan tersebut dahulu pernah terkenal dan menjadi star dalam bisnis telekomunikasi, akan tetapi karena persaingan tinggi yang disebabkan banyaknya pesaing baru yang sekarang muncul dengan merk, harga dan penggunaan teknologi yang semakin canggih ( semakin mudah meng-akses dengan banyak cara ), maka layanan tersebut sekarang jarang di gunakan. Layanan tersebut masih berjalan akan tetapi hanya terdapat pada tempat – tempat tertentu sepeti pada layanan fax. Dapat dilihat pula banyaknya wartel yang tutup dan beralih ke teknologi yang lebih canggih.










KESIMPULAN
Dari data 4 tahun yang distemasi rerata return saham (expected return) dan rerata return pasar dengan mencari rata-rata (average) HPR 4 tahunan diketahui bahwa return saham perusahaan mengalami fluktuasi yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi maupun internal perusahaan. Dapat dilihat bahwa rata-rata return saham sebesar 0.0476623 dengan standar deviasi sebesar 1.905802. Selain itu diperoleh perhitungan Beta perusahaan sebesar 0.589718, sehingga disimpulkan bahwa tingkatan beta perusahaan yaitu dapat dikatakan hampir mendekati 1 karena bernilai 0.589718 jika dibulatkan sebesar 0.6. ( 0 < 0.6 < 1 ).
Telkom menghadapi risiko pasar yang muncul akibat perubahan nilai tukar, suku bunga, risiko kredit dan risiko likuiditas, yang tentunya akan berdampak pada kinerja bisnis korporasi.
Dari BCG Matrix

Dari faktor-faktor yang digunakan dalam analisis BCG Matrix, kami melihat pemetaan yang telah dilakukan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. sesuai dengan pertimbangan yang telah dilakukan, yaitu dengan pertumbuhan pasar serta pangsa pasar. Dalam hal ini, PT.Telekomunikasi Indonesia, Tbk. tidak melakukan pemberhentian produk yang berada dalam posisi Dog tetapi lebih berkonsentrasi pada pengembangan dan inovasi produk yang dimiliki. Produk yang berada di posisi Dog , yaitu SLI,SLJJ tetap berpenghasilan tetapi tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Dalam keadaan seperti ini, produk yang ada dipertahankan supaya tidak hilang dari pasar.

1 komentar:

  1. mohon izin untuk dipakai sbg materi kajian manajemen strategik

    BalasHapus